Profil

Kota Malang


Malang merupakan salah satu kota besar di Jawa Timur. Kota yang terkenal dengan sebutan kota apel ini adalah kota yang memiliki berbagai macam tempat wisata dengan pemandangan yang indah di sekitarnya. Hal tersebut bisa dilihat dengan berbagai macam tempat wisata yang tersedia seperti halnya gunung, air terjun, pantai, pemandian air panas, dan tempat wisata lainnya seperti Jatim Park, Musem Satwa, dan Museum Angkut. Malang juga mempunyai berbagai macam taman yang bisa dijadikan sebagai tempat jujukan untuk bersantai atau membaca buku. Sesuai dengan namanya sebagai kota apel, Malang juga mempunyai banyak perkebunan, khususnya perkebunan apel yang juga dijadikan sebagai tempat wisata petik buah apel. Para mahasiswa yang tinggal di Malang tidak perlu khawatir khususnya untuk menentukan tempat liburan karena Malang telah menyediakan berbagai macam tempat wisata yang bisa memanjakan mata para mahasiswa.

Suasana Malang


Sebagaimana kota-kota lainnya di Indonesia, khususnya Jawa Timur, Malang juga mempunyai dua musim yaitu musim panas dan juga musim dingin. Namun, suasana di Malang lebih terasa dingin dan sejuk mengingat Malang mempunyai banyak gunung di sekitarnya yang membuat suasana Malang sangat nyaman untuk menjadi tempat belajar. Suasana sejuk tersebut pun juga mengalir kepada para masyarakat Malang, banyak masyarakat Malang yang ramah dan juga santun, baik kepada sesama warga Malang ataupun kepada para pelancong yang ada di Malang, khususnya para pelajar atau mahasiswa. Selain itu, Malang juga mempunyai banyak taman-taman, baik di sekitar kota ataupun kampus, khususnya di sekitar UIN. Taman-taman tersebut merupakan tempat yang pas untuk mengadakan pertemuan ataupun belajar bersama, selain suasana yang sejuk, taman-taman itu juga mudah dijangkau. 

Seni dan Budaya


Malang mempunyai banyak kesenian dan juga kebudayaan, diantaranya adalah batik khas Malang, ada juga seni tari topeng Malangan serta Jaran Kepang. Seni dan kebudayaan inilah yang membuat para wisatawan tertarik untuk berkunjung ke Malang, baik dari dalam negeri ataupun yang dari luar negeri. Selain seni dan kebudayaan, Malang juga mempunyai ciri khas tersendiri yang membedakannya dengan kota kota lain, yaitu bahasa wali’an. Sebudah bahasa khas kota Malang yang susunan struktur katanya dibalik, baik dalam tulisans ataupun ketika berbicara.

Makanan dan Minuman


Para mahasiswa yang belajar di UIN tidak perlu khawatir mengenai makanan dan juga minuman. Pasalnya, Malang merupakan salah satu tempat kuliner yang menjadi referensi para pecinta kuliner. Sehingga tidak heran jika banyak sekali para penjual makanan di sekitar Malang, baik yang dekat dengan kampus ataupun di sekitar jalan menuju kampus. Selain rasa makanan yang juga enak, para mahasiswa juga jangan khawatir mengenai harga yang ditawarkan, rata-rata harga makanan yang dijual di daerah Malang sangatlah terjangkau dan tidak akan membuat kantong bolong, khususnya bagi para mahasiswa.

Pakaian


Malang merupakan salah satu kota yang dingin, jadi tidak heran jika anda melihat banyak orang yang suka memkai jaket ketika melakukan kegiatan, khususnya ddi luar ruangan. Di dalam perkuliahan sendiri, semua mahasiswa di UIN sangat dilarang untuk menggunakan kaos ketika berada di lingkungan kampus khususnya di dalam ruangan, baik ketika memasuki kelas ataupun di beberapa kantor pelayanan lainnya. Selain itu, mahasiswa juga dilarang menggunakan sandal jepit ketika berada di lingkungan kampus. Selain itu, khusus di malam hari, disarankan bagi mahasiswa untuk menggunakan jaket, hal ini dikarenakan suhu dan cuaca di Malang pada malam hari sangat dingin.

Pusat Perbelanjaan


Untuk masalah tempat perbelanjaan, para mahasiswa tidak perlu khawatir. Pasalnya, Malang mempunyai banyak tempat perbelanjaan, baik Pasar tradisional, Pasar Modern, Toserba (toko serba ada), hingga Mall. Bahkan, ada lebih dari 10 mall di Malang. Barang-barang yang dijual pun cukup beragam, mulai dari pakaian, kebutuhan rumah tannga, hingga alat-alat elektronik.

Olahraga


Berbagai macam jenis olah raga ada di kota Malang, selain fasilitas olahraga yang di sediakan di kampus, para mahasiswa yang ingin mencoba berbagai macam jenis olah raga yang ada di Malang tinggal pilih. Selain sepak bola ada banyak olah raga lainnya, baik yang biasa hingga yang ekstrim sekalipun ada di kota Malang, seperti halnya tennis, golf, renang, rafting, ataupun panjat tebing.

Transportasi di Malang


Jika anda sudah berada di Malang, anda tidak perlu khawatir mengenai transportasi yang ada di Malang, khususnya bagi mahasiswa yang berasal dari luar kota dan tidak membawa kendaraan. Selain taksi yang bisa ditemu di berbagai penjuru jalan di Malang, ada transportasi lainnya yang juga sangat familiar di Malang yaitu angkutan kota (Angkot). Khusus bagi mahasiswa yang ingin menuju ke arah kampus UIN Maliki Malang, adapun angkot yang bisa dipilih adalah angkot jenis AL (Arjosari – Landungsari ), khususnya bagi mahasiswa yang tiba di Malang di terminal bus Arjosari. Sedangkan bagi mahasiswa yang tiba di Malang di terminal Landungsari ataupun Gadang, bisa menggunakan Angkot jenis GL (Gadang – Landungsari) atau LG (Landungsari – Gadang).

Akomodasi di Malang


Khusus bagi mahasiswa baru, untuk akomodasi yang disediakan oleh kampus adalah berupa ma’had atau asrama yang boleh ditempati selama satu tahun atau dua semester. Sedangkan untuk selanjutnya, mahasiswa bisa menggunakan atau menyewa di berbagai tempat kos-kosan ataupun mengontrak rumah di sekitar kampus, adapun tempat tinggal yang bisa dimanfaatkan sebagai kos kosan ataupun kontrakan terdapat di beberapa wilayah di dekat UIN seperti Sumbersari, Kertoraharjo, Kertolaksono, Sunan Drajat, Sunan Ampel, Sunan Kalijaga, dan berbagai tempat di sekitar jalan Gajayana.

Hubungi Kami

FAKULTAS HUMANIORA
Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Jalan Gajayana 50 Malang 65144
Telp./ Faks. (0341) 570872
email: humaniora@uin-malang.ac.id