Profil

Ada beberapa fasilitas kampus yang bisa digunakan dan dimanfaatkan oleh mahasiswa, khususnya mahasiswa Fakultas Humaniora dalam Mengembangkan ilmu keislaman mereka, diantaranya adalah;


Masjid

Para mahasiswa Fakultas Humaniora bisa memanfaatkan keberadaan dua masjid yang ada di lingungan UIN Maliki Malang yatiu, masjid Tarbiyah dan masjid Ulul Albab. Masjid yang masing- masing berkapasitas 2000 orang tersebut tidak hanya digunakan sebagai tempat untuk ibadah, namun juga sering digunakan untuk kegiatan lainnya seperti tempat untuk menghafal Al Quran untuk para Hafidz dan Hafidzoh, kegiatan diskusi keislaman, serta juga bisa digunakan untuk kegiatan belajar mengajar.

Ma’had Sunan Ampel Al Aly


Ma’had Sunan Ampel Aly merupakan sebuah pembeda yang dimiliki UIN Maliki Malang dari Perguruan Tinggi Agama Islam Negeri lainnya. Asrama yang dikhususkan kepada para mahasiswa baru UIN Maliki ini adalah salah satu penunjang yang berfungsi untuk meningkatkan keilmuan mahasiswa khususnya dalam tentang pengetahuan agama. Kegiatan tersebut mempunyai dua program yaitu, Ta’lim al- Afkar al-Islamiyah, yang bergerak dalam studi tentang tauhid. Kemudian ada Ta’lim al-Qur’an, yang bergerak dalam studi ilmu Al Quran. Selain itu, Ma’had juga memberikan pengembangan untuk mahasiswa dalam pembelajaran bahasa, khususnya bahasa Arab dan juga bahasa Inggris. Selain melalui pengajaran yang dilakukan setiap pagi dalam acara Shobahul Lughah, juga ada program bilingual environment di setiap mabna/asrama. Hingga saat ini, 11 asrama yang disediakan UIN telah mengakomodasi para mahasiswa sekitar 3000 orang.

Hai’ah Tahfidz al-Qur’an (HTQ)



Bagi para mahasiswa yang ingin mendalami ilmu Al Quran, khususnya dalam menghafal ayat suci Al Quran. Selain sebagai lembaga yang bergerak dalam bidang pengembangan keilmuan Al Quran, lembaga ini juga memberikan fasilitas kepada para anggotanya yang mampu menghafal beberapa juz. Melalui kerja sama dengan Universitas, para anggota tersebut bisa memperoleh beasiswa, baik untuk akomodasi kuliah atau pun untuk akomodasi pribadi. Hingga dua tahun ini, sudah lebih dari 600 mahasiswa yang sudah menjadi anggota dari lembaga ini, dan banyak juga anggota HTQ yang sudah menjadi huffadz.


Hubungi Kami

FAKULTAS HUMANIORA
Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Jalan Gajayana 50 Malang 65144
Telp./ Faks. (0341) 570872
email: humaniora@uin-malang.ac.id