Profil

Sebelum melakukan studi, setiap mahasiswa, khususnya mahasiswa Humaniora harus melakukan perencanaan studi, dan hal tersebut bisa diawali dengan pembayaran registrasi di Bank yang telah ditentukan oleh pihak universitas, kemudian mahasiswa mendapatkan kode akses untuk dapat masuk dan mengakses pada KRS Online di Siakad (sistem akademik) UIN Maliki Malang. Adapun maksud dari pengisian KRS adalah bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa dalam merencanakan studinya agar dapat berjalan dengan baik dan sesuai dengan yang diinginkan oleh mahasiswa yang bersangkutan, dan yang harus diketahui pula bahwasanya KRS hanya dapat diisi langsung secara online. Hal yang harus diperhatikan juga adalah ketika ingin melakukan pengisian KRS, patikan mahasiswa sudah memperoleh informasi mengenai matakuliah yang ditawarkan/dipasarkan oleh Jurusan di setiap Fakultas. Mahasiswa juga harus memperhatikan pemilihan mata kuliah yang akan diambil karena pemrograman matakuliah yang akan diambil oleh mahasiswa harus memperhatikan jumlah satuan kredit semester (sks) yang diperkenankan dan matakuliah yang berprasyarat. Setelah semua pengisian KRS secara online selesai, mahasiswa bisa langsung mencetaknya dan meminta persetujuan kepada Dosen Penasehat Akademik secara online.  Hati-hati dalam pengisian KRS online, khususnya dalam pengambilan mata kuliah, karena kesalahan dalam pengisian KRS akan berdampak pada proses perkuliahan dan penilaiannya selama satu semester. Sebagai bukti bahwa mahasiswa telah melakukan pemrograman studi adalah mahasiswa yang bersangkutan tercantum pada Daftar Hadir Kuliah.

Makna Angka dari Nomor Induk Mahasiswa

Nomor Induk Mahasiswa (NIM) diberikan kepada setiap mahasiswa baru yang telah melakukan registrasi, baik mahasiswa baru dari hasil seleksi penerimaan mahasiswa baru maupun mahasiswa mutasi/pindahan dari program studi, fakultas atau perguruan tinggi lain. Sistem penomoran NIM terdiri atas 8 (delapan) digit/angka dan berfungsi sebagai nomor identitas mahasiswa yang mengandung unsur sebagai berikut.

a. Digit pertama dan kedua menunjukkan tahun pendaftaran pada saat pertama kali melakukan registrasi.

b. Digit ketiga dan keempat menunjukkan nomor kode program studi.

c. Digit kelima, keenam, ketujuh, dan kedelapan menunjukkan nomor urut registrasi mahasiswa sebagaimana yang tercatat pada buku register.

Tahun pendaftaran merupakan tahun angkatan untuk calon mahasiswa yang kali pertama melaksanakan registrasi. Untuk mahasiswa Mahasiswa yang melakukan perpindahan (mutasi), diberi nomor baru sesuai dengan jurusan/program studi yang dipilih oleh yang bersangkutan.

Hubungi Kami

FAKULTAS HUMANIORA
Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Jalan Gajayana 50 Malang 65144
Telp./ Faks. (0341) 570872
email: humaniora@uin-malang.ac.id