Profil

Keberadaan Kepenasehatan Akademik di Fakultas Humaniora sangatlah membantu mahasiswa dalam menyelesaikan permasalahan dalam bidang akademik khususnya, hal tersebut sebagaimana fungsi dan tujuan adanya kepenasehatan akademik bagi para mahasiswa. Adapun yang bertindak sebagai penasehat akademik di sini adalah dosen, dan penasehat akademik harus bisa membantu mahasiswa dalam menyesuaikan diri dengan kehidupan kampus dalam bersikap, berpikir, dan juga bertindak. Kemudian juga membantu mahasiswa dalam melaksanakan cara-cara belajar yang efektif dan efisien di perguruan tinggi, membantu mahasiswa dalam memahami dan menghayati tradisi ilmiah di perguruan tinggi, membantu mahasiswa dalam menentukan alternatif pemecahan masalah yang menghambat studinya, serta membantu dan mengarahkan mahasiswa dalam proses perencanaan studi.

Selain itu, ada beberapa tugas dan kewajiban yang harus dilakukan oleh penasehat akademik kepada para mahasiswanya, seperti mengetahui program pendidikan dan tata organisasi mahasiswa yang bersangkutan, membantu mahasiswa dalam menyusun strategi belajar selama studi di perguruan tinggi. Kemudian membantu mahasiswa melakukan pemrograman studi selama satu semester sesuai dengan beban studi dan/atau kemungkinan perubahannya, melakukan persetujuan pada proses KRS Online dengan cara membuka login dosen dan mengklik (memberi tanda centang) pada setiap matakuliah yang telah diprogram oleh mahasiswa bimbingannya, menampung masalah akademik yang dihadapi mahasiswa bimbingannya dan turut berusaha mencarikan solusinya. Juga yang tak kalah pentingnya adalah mengadakan pertemuan konsultatif dengan mahasiswa bimbingannya secara periodic, serta yang terkahir mempertanggungjawabkan pelaksanaan tugas sebagai Penasehat Akademik atau Dosen Wali.

Sedangkan untuk Kewajiban mahasiswa dalam perwalian tersebut adalah memahami dan menghayati pentingnya kepenasehatan akademik, kemudian mengadakan komunikasi dan konsultasi secara aktif dengan Penasehat Akademik, serta menaati hasil konsultasi kepenasehatan akademik dan bersedia menerima sanksi akademik apabila melanggarnya.

Hubungi Kami

FAKULTAS HUMANIORA
Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Jalan Gajayana 50 Malang 65144
Telp./ Faks. (0341) 570872
email: humaniora@uin-malang.ac.id