Profil

Peran Fakultas Humaniora dalam penyusunan dan pengembangan kurikulum untuk jurusan adalah sebagai pemegang kebijakan umum dan fasilitator. Setiap Tahun Fakultas Humaniora memfasilitasi beberapa kegiatan yang berkaitan dengan upaya pengembangan akademik, seperti penyusunan dan pengembangan kurikulum, workshop kurikulum, evaluasi dan pengembangan silabus, penyusunan SAP, dan penyusunan buku ajar. Dalam kegiatan penyusunan dan pengembangan kurikulum untuk tiga jurusan tersebut, Fakultas Humaniora memperhatikan visi, misi, kompetensi dan bangunan keilmuan.

Pengembangan akademik juga dilakukan melalui Interaksi akademik antara dosen dan mahasiswa. Materi yang diperbincangkan meliputi: PA (Penasihat Akademik), bimbingan penulisan tugas akhir (skripsi), khalaqah/kelompok belajar mahasiswa yang dibimbing oleh dosen. Interaksi akademik juga diadakan dalam momen (1) sekolah bahasa dan sastra yang diselenggarakan oleh mahasiswa dan dibimbing oleh dosen. (2) Kelompok penerjemahan yang dibimbing oleh dosen. (3) Bengkel theater yang dibimbing oleh dosen. Sedangkan interaksi akademik antar mahasiswa biasanya berupa kegiatan: pertama, kegiatan orientasi program studi. Kegiatan ini diselenggarakan di setiap awal tahun akademik selama 4 hari, 2 hari dilaksanakan di dalam kampus dan 2 hari dilaksanakan di luar kampus dengan menyelenggarakan Out Bond atau Orientasi Jurusan (OSJUR). OSJUR tersebut bertujuan untuk pengenalan akademik di tingkat program studi kepada mahasiswa baru. Kedua, kajian sastra dan budaya. Kajian ini bertujuan meningkatkan wawasan dalam bidang sastra dan budaya. Ketiga, kelompok debat bahasa Arab dan Inggris. Kelompok ini menyelenggarakan latihan rutin dan tidak membatasi pesertanya. Tujuannya adalah mengasah kemampuan debat mahasiswa Program Studi Bahasa dan Sastra Arab serta Bahasa dan Sastra Inggris dengan terus berlatih dan mengikuti event-event lomba.

Interaksi akademik antar dosen juga menjadi bagian pengembangan akademik yang dilakukan Fakultas Humaniora. Biasanya kegiatan dilaksanakan dalam bentuk diskusi Ilmiah bulanan dan diskusi dalam bahasa Arab dan Inggris. Serangkaian kegiatan akademik yang dilaksanakan Fakultas Humaniora melahirkan berbagai macam karya. Buah kerja keras ini lahir atas semangat akademik yang tidak pernah berhenti.

Pengembangan akademik di Fakultas Humaniora juga ditandai dengan maraknya berbagai kegiatan, misalnya: pertama, mengadakan workshop, seminar Nasional dan Internasional, lokakarya, kajian-kajian ilmiah, serta pertemuan-pertemuan ilmiah baik yang diselenggarakan di dalam kampus maupun di luar kampus. Kedua, pelatihan pengembangan website Fakultas, kejurnalistikan. Ketiga, Rakor pengembangan SAP konsorsium dosen. Keempat, Perlibatan teknologi dalam sistem perkulihaan mahasiswa berupa SIAKAD, mengikuti Universitas sebagai induk institusi.

Mahasiswa terbantu untuk memantau perkembangan akademik seperti nilai akhir, daftar pemasaran matakuliah/jadwal perkuliahan semester berikutnya, kartu hasil studi (KHS) dan kartu rencana studi (KRS). kelima, pembuatan KOMUNIRA, sebagai sarana komunikasi antar mahasiswa, mahasiswa dengan dosen, dan antara fakultas dengan alumni. Dalam jejaring KOMUNIRA ini meliputi profil mahasiswa, yang terdiri dari alamat rumah, prestasi mahasiwa, orang tua. Dengan adanya media ini, sangatlah membantu untuk melengkapi riwayat akademik mahasiswa sebagai arsip Fakultas. Keenam, pelatihan penulisan karya tulis ilmiah dalam dan luar negeri. Ketujuh, mengupayakan penyebaran informasi/kebijakan untuk sivitas akademika di Fakultas Humaniora (misalnya melalui surat, faksimili, social media, mailing list, e-mail, sms, buletin). Kedelapan, menyediakan dana untuk pengembangan akademik dalam bentuk misalnya penelitian bersama dosen dan mahasiswa, penyusunan buku ajar, publikasi ilmiah, pengiriman dosen dan mahasiswa ke forum-forum ilmiah, mendelegasikan mahasiswa mengikuti kompetisi-kompetisi penulisan karya ilmiah, debat bahasa, pidato, nasyid dan lain-lain. Kesembilan, menyediakan perangkat dan piranti pembelajaran untuk meningkatkan kualitas pembelajaran seperti penyediaan LCD di tiap-tiap kelas dan fasilitas internet nirkabel yang dapat diakses di mana-mana.

Hubungi Kami

FAKULTAS HUMANIORA
Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Jalan Gajayana 50 Malang 65144
Telp./ Faks. (0341) 570872
email: humaniora@uin-malang.ac.id