Pengumuman

Pada setiap kurikulum program studi dirancang dan diperbaiki untuk mengembangkan kecakapan akademik-profesional dan hal itu selalu dilakukan dalam setiap tahunnya oleh pihak jurusan di dalam setiap Fakultas. Penyajian kurikulum tersebut menjadi sejumlah matakuliah yang dilakukan untuk memudahkan. Oleh karena itu, sebagai evaluasi akhir tentang kecakapan mahasiswa maka diperlukan suatu ujian yang mencakup suatu substansi keilmuan dibidang kebahasaan dan kesusasteraan. Untuk itu, diadakanlah ujian komprehensif yang kemudian disyaratkan bagi mahasiswa yang akan menempuh tugas akhir atau ujian skripsi. Secara rinci ketentuan ujian komprehensif ditetapkan sebagai berikut;

  1. Ujian Komprehensif adalah ujian yang dilaksanakan untuk menguji kemampuan pemahaman dan penguasaan teoritik mahasiswa dalam bidang linguistik dan sastra.
  2. Ujian komprehensif harus ditempuh oleh semua mahasiswa dari semua jurusan di Fakultas Humaniora UIN Maulana Malik Ibrahim Malang

Adapun untuk persyaratannya untuk mengikuti ujian kompre adalah sebagai berikut;

  1. Terdaftar sebagai mahasiswa tahun akademik pada saat itu (menunjukkan slip SPP)
  2. Mahasiswa telah lulus seluruh matakuliah yang wajib diambil sesuai dengan program studinya
  3. Menyerahkan rekap nilai (Transkrip Nilai Sementara) kepada Kajur/Sekjur
  4. Foto resmi baik berwarna ataupun hitam putih ukuran 3x4 sebanyak 1 lembar
  5. Telah memperoleh sertifikat Sistem Kredit Kegiatan Mahasiswa (SKKM) dari Fakultas
  6. Mengisi formulir yang telah disediakan diberikan oleh Fakultas

Untuk prosedur mengikuti ujian komprehensif ini adalah; bagian administrasi fakultas mengumumkan pendaftaran ujian komprehensif dua minggu sebelum pendaftaran (FM-FT-06-03-01). Kemudian, bagian pendaftaran menerima berkas-berkas pendaftaran dari mahasiswa. Setelah itu, petugas mengecek kelengkapan berkas pendaftaran, meliputi : Blangko identitas diri, foto copy slip regestrasi , foto copy KHS Smt 1 s/d 6, bukti cek nilai lulus semua mata kuliah dari BAK, serta foto kopi sertifikat SKKM. Semua berkas dimasukkan dalam map snellhecter kertas, warna hijau unutk jurusan Bahasa dan Sastra Arab kemudian warna merah untuk jurusan Bahasa dan Sastra Inggris. Untuk berkas yang belum memenuhi syarat dikembalikan ke mahasiswa dan diharuskan melengkapi sesuai prosedur.

Untuk berkas yang sudah memenuhi syarat selanjutnya diproses untuk mengikuti ujian Komprehensif. Pada saat itu pihak fakultas juga melakukan koordiansi seperti halnya; setiap jurusan menyusun jadual ujian Komprehensif dan Dewan Penguji, satu minggu sebelum ujian dilaksanakan, bagian administrasi mensosialisasikan jadual ujian ke Dewan Penguji Komprehensif melalui surat pemberitahuan dan ke seluruh mahasiswa melalui pengumuman. Ketika semua hal tesebut telah selesai dilaksanakan, barulah ujian kkomprehensif bisa dimulai.

Sebelum ujian komprehensif dimulai, sekretaris melaporkan kepada Ketua Dewan Penguji tentang identitas mahasiswa peserta ujian yang tercantum dalam Berita Acara Ujian komprehensif. (FM-FT-06-03-07). Jika masih terdapat kesalahan pengisian berkas, maka mahasiswa yang bersangkutan diharuskan menghubungi bagian tata usaha fakultas. Jika sudah benar, maka ujian bisa dilanjutkan sesuai prosedur. Ujian komprehensif dilaksanakan dalam waktu 60 menit. Untuk prosedurnya, tergantung penguji apakah akan dilaksanakan secara lisan ataukah tulis. Ujian tersebut dibagi menjadi dua bagian yaitu, ujian tentang kebahasaan dan kesusastraan kemudian tentang keagamaan. Hasil sidang dewan penguji komprehensif diumumkan dalam bentuk angka dan huruf dengan kriteria lulus, dan tidak lulus (harus mengulang). Bagi mahasiswa yang dinyatakan tidak lulus harus mengulang ujian kembali, sedang bagi yang lulus sudah memenuhi syarat untuk mengikuti ujian skripsi.