Perpustakaan

  • Published in Profil
  • Hits: 2852

crc_library_humaniora_uin_maliki_malang

Curriculum Resources Center (CRC) atau yang sering disebut Perpustakaan Fakultas, merupakan sebuah unit sebagai fasilitas para mahasiswa, khususnya mahasiswa Fakultas Humaniora. Sesuai dengan namanya, unit ini berfungsi sebagai pengembangan referensi, khususnya buku, ensiklopedia, ataupun jurnal yang bisa dimanfaatkan sebagai tempat dalam menunjang perkuliahan ataupun kegiatan akademik lainnya.

CRC sendiri merupakan suatu unit gabungan dari jurusan Bahasa dan Sastra Arab (BSA) serta Bahasa dan Sastra Inggris (BSI). Sehingga tidak heran jika konten yang ada di unit terdiri adalah materi-materi yang berkaitan tentang kebahasaan ataupun kesusastraan yang kesemuanya hampir berbahasa Arab dan Inggris. Jumlah bukunya pun juga bisa dikatakan sudah mumpuni, yakni sekitar 3000 buah buku, berdasarkan perhitungan pada bulan Maret 2015. Namun, hal itu tetntu bisa saja jumlah tersebut meningkat mengingat unit ini adalah sebagai salah satu sumber utama mahasiswa BSA dan juga BSI.

Untuk memperbaharui referensi baru dan koleksi buku, CRC bekerjasama dengan para dosen, karena biasanya orang yang peling sering memberikan informasi tentang terbitnya sebuah buku baru adalah para dosen. Sehingga, dengan semakin banyaknya sumber-sumber baru, bisa menjadi pematik semangat mahasiswa untuk lebih senang dan tertarik datang ke perpustakaan untuk membaca buku. Dengan semakin banyaknya referensi yang ada di CRC, khususnya buku-buku yang berbahasa Arab dan Inggris, membuat para mahasiswa dari berbagaia jurusan di UIN tertarik untuk meminjam buku. Bahkan banyak pula para mahasiswa dari Pascasarjana.

CRC tidak hanya menyediakan buku dan referensi ilmiah saja, namun unit ini juga menyediakan buku bacaan lainnya seperti Novel, Kamus, koran bilingual, kumpulan tugas akhir mahasiswa Humaniora, serta hasil penelitian dari para dosen dan mahasiswa. Selain itu, para mahasiswa yang ingin meletakkan buku hasil karya ilmiah mereka di CRC juga diperbolehkan dan tidak dipungut biaya sepeser pun. Dengan syarat harus mendapatkan rekomendasi dari Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan. Tujuan dari progra itu tidak lain adalah sebagai secondary refernce jika referensi yang dicari oleh mahasiswa di perpustakaan pusat tidak ada.

Sedikit informasi bagi para mahasiswa yang ingin menjadi anggota di perpustakaan ini sangatlah mudah, khusus bagi mahasiswa Humaniora, hanya dengan menyetorkan foto berukuran 3x4 serta mengisi daftar keanggotaan ke bagian administrasi CRC. Sedangkan untuk mahasiswa luar Humaniora, prosedurnya tetap sama tapi ada sedikit perbedaan yaitu, harus menambah biaya administrasi yang telah ditentukan.

Sesuai dengan fungsinya sebagai sumber refernsi, [para mahasiswa yang sudah menjadi anggota bisa memminjam buku-buku yang ada di CRC. Akan tetapi. Meskipun demikian, para mahasiswa juga harus memperhatikan kode yang tertera dalah setiap buku, karena tidak semua buku bisa dipinjam. Seperti misal koder R (Referensi) dan K (Khusus) yang hanya boleh dibaca diperpustakaan dan tidak boleh dipinjam keluar. Hanya buku berkode U (Umum) yang diperbolehkan untuk dipinjam.

Hubungi Kami

FAKULTAS HUMANIORA
Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Jalan Gajayana 50 Malang 65144
Telp./ Faks. (0341) 570872
email: humaniora@uin-malang.ac.id