Berita

  • Written by Admin Humaniora
  • Published in Berita
  • Hits: 70
  • Print ,

HUMANIORA  - (15/10/2020) Fakultas Humaniora menyelenggarakan workshop evaluasi dan pengembangan kurikulum KKNI Prodi Bahasa dan Sastra untuk melaksanakan kebijakan merdeka belajar kampus merdeka yang saat ini diberlakukan pemerintah. Kegiatan yang dilaksanakan pada tanggal 15 Oktober 2020 di Aula Fakultas Humaniora ini diisi oleh dua Narasumber yaitu Dr. Ribut Basuki, M.A dari Universitas Petra Surabaya dan Dr. Misbahul Amri M.A dari Universitas Negeri Malang.

Acara workshop ini dibuka oleh Dr. M. Faisol, M.Ag selaku wakil dekan 1 Bidang Akademik Fakultas Humaniora. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa tujuan dari workshop ini adalah mengevaluasi sekaligus mengembangkan kurikulum prodi dengan mengacu pada kebijakan Menteri merdeka belajar kampus merdeka, pengembangan tersebut dijabarkan dalam bentuk penyesuaian mata kuliah, baik menambah, mengurangi atau menggabungkan mata kuliah tertentu guna mencapai tujuan dalam ELO yang telah ditetapkan. Beliau juga menegaskan bahwa Universitas telah mencanangkan UIN sebagai smart Islamic university hal ini menuntut semua prodi untuk melakukan restrukturalisasi terhadap bangunan kurikulum yang ada. Oleh karena itu dalam hal ini fakultas humaniora melaksanakan kegiatan ini dan akan terus berlanjut dengan workshop penyusunan silabus dan RPS.

Diantara masukan narasumber untuk pengembangan kurikulum Prodi Bahasa dan sastra ialah: bahwa dengan adanya kemudahan akses pengetahuan melalui internet, perlu untuk menata mata kuliah yang hanya bersifat knowledge, selanjutnya sebaiknya memperbanyak matakuliah yang memberikan pengalaman dan bimbingan kerja. Selain itu mata kuliah pilihan profesi yang ada sebaiknya dikembangkan hingga lulusan tidak hanya memiliki kemampuan namun juga memiliki legallitas atas profesionalisme yang mereka miliki.

Kegiatan ini berlansung sehari dan diikuti oleh semua dosen fakultas humaniora, baik dari prodi Sastra Inggris maupun dari prodi Bahasa dan sastra arab. Semua peserta tampak antusias mengikuti semua sesi. Acara ditutup dengan pembacaan do’a dan penyerahan cinderamata kepada narasumber. [ARH]

 

Discover our programmes

PROGRAM SARJANA

Galerry

registration.jpg