Berita

  • Written by Admin Humaniora
  • Published in Berita
  • Hits: 437
  • Print ,

HUMANIORA – (20/2/2020) Fakultas Humaniora agendakan  akan segera luncurkan ensiklopedi kebudayaan Islam nusantara. Bertempat di  ruang dosen II Fakultas Humaniora, para dosen muda berkumpul untuk membahas lebih lanjut progress penyusunan ensiklopedia. Ketua tim penyusunan ensiklopedia Misbahus Surur, M.Pd memaparkan teknis penyusunan sekaligus memberikan template yang akan digunakan dalam penulisan.

Dalam kesempatan tersebut, Dr. M. Faisol, M.Hum selaku pembimbing penyusunan ensiklopedi kebudayaan Islam nusantara menekankan bahwa menulis itu harus menjadi kebiasaan bagi semua dosen. “Tulisan yang bagus dan baik adalah tulisan yang selesai atau jadi”, lanjutnya. Wakil Dekan I bidang akademik ini berpesan kalau kegiatan ini sepatutnya tidak menjadi beban bagi tiap dosen, sebab menulis adalah kegiatan wajib sebagai bentuk tanggung jawab akademik yaitu menjalankan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Para dosen sangat antusias menyambut kegiatan penyusunan ensiklopedi ini. Meskipun diberikan deadline untuk menyelesaikan setiap entry yang ada, namun hal itu tidak menjadi masalah. “Semakin cepat akan semakin baik dan segera terbit”, ucap Ulil, salah satu tim penyusunan ensiklopedi. Nantinya rapat lanjutan akan diadakan kembali guna pengecekan progress tulisan dari tiap dosen. “Harapannya kegiatan penulisan ensiklopedi kebudayaan islam nusantara ini menjadi awal untuk penulisan ensiklopedi-ensiklopedi selanjutnya dengan tema yang berbeda”, ucap Dr. M. Faisol, M.Hum. [MA]