Berita

  • Written by Admin Humaniora
  • Published in Berita
  • Hits: 221
  • Print ,

HUMANIORA – (31/01/2020) Fakultas Humaniora UIN Maulana Malik Ibrahim Malang kembali mengundang Prof. Dr. Irwan Abdullah, seorang reviewer penelitian dari Universitas Gajah Mada Yogyakarta, dalam acara Pelatihan Penulisan Jurnal Ilmiah. Pelatihan ini bertempat di Aula Fakultas Humaniora dan dihadiri oleh duapuluh dosen dari Program Studi Bahasa Sastra Arab maupun Sastra Inggris.

Dibuka langsung oleh Dekan Fakultas Humaniora, pelatihan ini berlangsung dari pagi hingga sore hari selama dua hari, Jumat 31 januari sampai 1 Februari 2020. Selama dua hari ini, Prof. Dr. Irwan Abdullah menggelitik para peserta untuk menulis artikel ilmiah dan memberikan kiat-kiat menembus jurnal internasional. Di hari pertama, para peserta langsung dipaparkan rambu-rambu dalam penulisan artikel ilmiah didalam jurnal internasional hingga bagaimana penulisan latar belakang yang tepat sasaran dan terfokus pada konten jurnal.

Guru besar UGM yang mendapatkan gelar doktornya di Amsterdam ini berpesan kepada peserta pelatihan untuk membiasakan menulis dengan memulainya dari hal-hal terkecil. Ia mengatakan “ Jangan sayang kepada data, hingga ditulis semua dalam satu jurnal, jadikan data itu untuk tulisan-tulisanmu yang lainnya”. Ia mengakhiri dengan memberikan motivasi kepada peserta untuk tidak mudah menyerah dan selalu semangat menulis sampai dapat menembus jurnal internasional. [ha]