Berita

  • Written by Admin Humaniora
  • Published in Berita
  • Hits: 720
  • Print ,

 

HUMANIORA - (9/12/2019) Bertemakan "Arabic Calligraphy on Canvas", Jurusan Bahasa dan Sastra Arab Fakultas Humaniora UIN Maliki Malang gelar pameran kaligrafi Arab. Pameran ini akan mewarnai lobi Fakultas Humaniora selama tiga hari kedepan. Kaligrafi Arab yang merupakan seni tulis yang dibuat dengan goresan tangan ini, memiliki sejarah panjang mulai era arab klasik hingga kontemporer. Ia juga menganut beberapa madzhab dan jenis khat seperti Naskhi, Farisi, Tsulutsi,  Diwani, Diwani Jali, Riq’a, dan Kufi.
Puluhan kaligrafi yang terpampang di pameran ini merupakan karya dari mahasiswa semester 1 yang mengikuti mata kuliah Al Khat Al'Arabiy yang diampu oleh Ustadz Dr. Abdul Muntaqim Al Anshory.
Antusias dari penikmat kaligrafi baik dosen maupun mahasiswa cukup tinggi. Apresiasi tinggi pun diberikan oleh para penikmat kaligrafi yang menyaksikan pameran tersebut."Mahasiswa sastra Arab semester pertama ini sudah mampu menghasilkan karya seni kontemporer yang memiliki nilai artistik yang tinggi", ungkap Mahrush Ali, M.Sn., salah satu dosen yang hadir dalam pameran yang diselenggarakan perdana oleh Jurusan Bahasa dan Sastra Arab Fakultas Humaniora UIN Maliki Malang. [HA]