Berita

  • Written by Admin Humaniora
  • Published in Berita
  • Hits: 82
  • Print ,

Humaniora – Laboratorium Kajian Bahasa dan Budaya (LKBB) menggelar workshop Penelitian Linguistik Antropologi di Plenary Hall Fakultas Humaniora (Senin, 15/7/2019}. Sebagai pemateri workshop adalah dosen sekaligus peneliti dari Universitas Gadjah Mada Yogyakarta yaitu Dr. Suhandano, M.A.

Workshop ini dilaksanakan dalam rangka mengembangkan cakrawala penelitian di bidang Linguistik Antropologi. Dalam workshop dipaparkan tentang pengertian, ruang lingkup, hingga isu-isu yang berkaitan dengan Linguistik Antropologi. Isu-isu yang berkembang memang cukup menggelitik untuk dilakukan penelitian lebih lanjut. Terutama bagi yang memang berminat di lingkup Linguistik Antropologi.

“Workshop ini digelar untuk mempertajam pengetahuan para dosen dalam kajian Linguistik Antropologi,” papar Ketua LKBB, Sri Muniroch, M.Hum.

Antusias peserta workshop juga cukup tinggi, terlihat ketika sesi tanya jawab banyak peserta yang mengajukan beberapa pertanyaan berkaitan dengan materi workshop. Beberapa pertanyaan yang diajukan oleh peserta merupakan isu-isu yang memang sedang diteliti oleh peserta.

“Untuk melakukan penelitian terkait Linguistik Antropologi, peneliti harus totalitas di dalamnya.” ungkap Dr. Suhandano, M.A.. Jadi, peneliti harus dapat memahami Bahasa dari objek dan berkecimpung dalam dunia dan budaya dari objek penelitian. [MA]