Berita

  • Written by Admin Humaniora
  • Published in Berita
  • Hits: 395
  • Print ,

HUMANIORA-Tiga puluh mahasiswa Bahasa dan Sastra Arab Fakultas Humaniora UIN Maulana Malik Ibrahim Malang telah berhasil lolos menjadi pemakalah pendamping dalam Seminar Nasional Mahasiswa 2018 yang diadakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Sastra Indonesia Universitas Negeri Malang. Seminar ini berlangsung di gedung Aula A3 UM pada hari Senin, 29 Oktober 2018 pukul 08.30 WIB.

Seminar Nasional dengan tema "Potensi Bahasa, Sastra dan Budaya Indonesia dalam Menghadapi Era Digital" tersebut menghadirkan tiga pemakalah utama, diantaranya Dina Nisrina, S.Pd. (Duta Kampus UM 2014), Dewi Ariani, S.S., S.Pd., M.Pd. (Dosen Jurusan Sastra Indonesia) dan Ivan Lanin, S.T., M.T.I (Pendiri Wikimedia Indonesia).

Sesi pertama Seminar berlangsung sangat meriah dengan tepuk tangan dan sorak-sorak gembira peserta, pemakalah pendamping dan panitia Seminar Nasional tersebut. "Bapak Ivan Lanin ini sudah sejak dulu berkecimpung dalam dunia bahasa. Bahasa pemrograman" Sela moderator saat membacakan CV Ivan Lanin.

Setelah sesi pertama selesai, acara dilanjutkan dengan istirahat dan pengambilan fasilitas makan siang. Tepat pukul 13.10 WIB semua pemakalah pendamping memasuki ruang presentasi yang telah ditentukan oleh panitia. Setiap satu makalah prosiding diberi waktu 7 menit untuk dipresentasikan oleh pemakalah masing-masing, sedangkan sesi tanya jawab dilakukan setelah tiga pemakalah selesai mempresentasikan makalahnya.

Acara berlangsung dengan tenang. Seluruh pemakalah mempresentasikan makalah prosidingnya dengan baik.  tepat pukul 15.20 WIB rangkaian acara seminar tersebut selesai, dan diakhiri dengan tepuk tangan yang meriah dari peserta, panitia dan partisipan. Kemudian dilanjutkan dengan pengambilan sertifikat peserta dan pemakalah pendamping di depan ruangan oleh panitia.

"Acara seperti ini sangat bermanfaat khususnya bagi mahasiswa, terutama untuk menambah wawasan, memperkuat mental dalam hal publik speaking  dan membangun jaringan di kalangan mahasiswa" kata ifi erwhintiana mahasiswi semester 7 jurusan BSA  yang kemarin baru saja mempresentasikan hasil penelitianya di UPI Bandung. (Adv/zw)