Berita

  • Published in Berita
  • Hits: 601

Kamis (23/2), Jurusan Bahasa dan Sastra Arab mengadakan kuliah tamu yang bertemakan “Sejarah Musik dalam Islam”. Dalam kuliah tamu ini, menghadirkan seorang profesor Ethnomusicology dari College of William on Mary, Virginia, Amerika Serikat yang bernama Anne Rasmussen dan dimoderatori langsung oleh Ketua Jurusan Bahasa dan Sastra Arab, Dr. M. Faisol, M.Ag. 

Anne ketika meneliti di Indonesia mengatakan bahwa Indonesia adalah Negara yang menarik, sebab Islam di Indonesia mampu menghubungkan antara seni dan agama, khususnya seni musik. Seperti seni musik gamelan yang digunakan sebagai sarana dakwah. Seni hadrah dan marawis yang digunakan sebagai sarana bersholawat (sanjungan) kepada Nabi Muhammad SAW. Keunikan ini ia bandingkan dengan keadaan muslim Oman yang secara langsung menolak agama dan musik untuk digabungkan. Mereka beranggapan bahwa musik dan agama itu adalah dua kubu yang berbeda yang tidak dapat dicampur adukkan. “Mereka berfikir bahwa agama itu berada di kanan, sedangkan seni berada di kiri” kata professor yang sudah 15 tahun berada di Indonesia tersebut.

Alasan ketertarikan Anne dalam musik (terkhusus musik timur tengah) adalah bahwasanya musik itu adalah sarana untuk mengeratkan persaudaraan.”Dengan musik orang-orang bisa berkumpul bersama. Sebab, didalam musik akan selalu ada cerita”, imbuhnya.

Disamping Anne adalah profesor atau peneliti, ia juga praktisi atau pemain. “Teori, walaupun berestetika tidak menjanjikan, sebab belajar itu ya harus dipraktekkan. Kalau misalnya orang di Amerika hanya disuguhi teori saja, maka mereka akan bosan. Berbeda ketika saya juga memainkan musik itu, maka mereka akan tertarik melihat saya main alat musik itu” ujarnya.

Kuliah tamu semacam ini adalah agenda rutin yang diadakan oleh Jurusan Bahasa dan Sastra Arab setiap tahunnya. “Seminar ini bertujuan untuk menambah wawasan pengetahuan mahasiswa dalam peningkatan potensi tentang musik” ujar Faisol menjelaskan.

Yang menarik dalam acara kuliah tamu kali ini narasumber sudah mahir dalam berbahasa Indonesia, sehingga para Mahasiswa yang hadir bisa turut aktif mendengarkan dan memahami setiap materi yang disampaikan sampai di penghujung acara. [hn] [lh]

Hubungi Kami

FAKULTAS HUMANIORA
Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Jalan Gajayana 50 Malang 65144
Telp./ Faks. (0341) 570872
email: humaniora@uin-malang.ac.id