Struktur Keilmuan

Fakultas Humaniora yang berada di dalam naungan Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang terus berupaya untuk merealisasikan aspek-aspek pengembangan Jurusan yang dimiliki oleh Fakultas Humaniora. Untuk itu, diperlukan suatu struktur keilmuan yang jelas. Karena itu perlu dijelaskan terlebih dahulu tentang ruang lingkup kajian, cara mengkaji dan manfaat serta tujuan dari ilmu humaniora.

Untuk menjelaskan ruang lingkup kajian ilmu humaniora, akan dijelaskan terlebih dahulu tentang posisi humaniora diantara ilmu-ilmu yang lain. Jika melihat secara umum ilmu dibagi menjadi tiga rumpun, yaitu: ilmu alam (Natural Sciences), ilmu sosial (Social Sciences), dan ilmu Humaniora (Humanities). Yang termasuk di dalam ilmu alam adalah: matematika, fisika, ilmu bumi dan astronomi. Dan yang termasuk dalam rumpun ilmu sosial adalah sosiologi, antropologi, psikologi, pendidikan, ekonomi dan politik. Sedangkan yang termasuk dalam ilmu Humaniora akan dijelaskan panjang lebar pada paragraf berikut ini.

Humaniora berasal dari bahasa Latin Baru. Dalam bahasa Inggris arti the humanities yang sama-sama diturunkan dari bahasa Latin humanus yang berarti manusiawi, berbudaya dan halus. The humanities berkaitan dengan masalah nilai yaitu nilai kita sebagai homo humaus atau manusia berbudaya, dalam Encyclopaedia Britannica, the humanities sebagai sejenis pengetahuan yang berkenaan dengan nilai-nilai kemanusian dan ekspresi-ekspresi dari jiwa manusia. Ruang lingkup kajian humaniora adalah:

  1. Bahasa
  2. Budaya
  3. Ilmu bahasa
  4. Kesusasteraan
  5. Pendidikan
  6. Sejarah
  7. Ilmu hukum
  8. Filsafat
  9. Arkeologi
  10. Seni
  11. Ilmu-ilmu sosial yang mempunyai isi yang humanistik

Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang menggunakan nama Fakultas Humaniora karena hal itu bisa dianalogikan dengan temuan formal (formal finding) dan temuan subtantif (subtantive finding) dalam penelitian. Humaniora adalah termasuk Nomological Science, artinya ilmu yang bebas dari ikatan waktu dan tempat (free time context). Sedangkan budaya termasuk dalam Ideographic Science, yaitu ilmu yang terkait dengan ideologi, geografi dan juga waktu (Bound-time context). Ilustrasi dengan contoh berikut ini mungkin akan lebih memperjelas posisi Humaniora. Bahasa secara umum merupakan bagian dari ilmu Humaniora. Akan tetapi ketika bahasa sudah dikaitkan dengan letak geografi suatu negara, misalnya bahasa Indonesia, bahasa Arab, bahasa Inggris, maka bahasa itu juga menjadi wilayah kajian budaya.

Ada tiga paradigma yang digunakan untuk mengkaji ilmu Humaniora (1) positivistik yang lazim disepadankan dengan pendekatan kuantitatif, (2) interpretif yang lazim disepadankan dengan pendekatan kualitatif, dan (3) reflektif yang lazim disepadankan dengan pendekatan kritik. Humaniora sebagai seperangkat sikap dan prilaku moral terhadap sesamanya memerlukan instrumen-instrumen yang harus menyertai kita agar bertindak lebih manusiawi. Dengan humaniora diharapkan dapat membawa manusia bertindak lebih manusiawi. Dengan humaniora diharapkan manusia menjadi berbudaya dan berwatak dan dengan humaniora diharapkan manusia sadar bahwa bidang pengetahuan apapun yang dimilki harus berorientasi pada kemanusiaan, yaitu untuk kebahagiaan umat manusia dan bukan untuk membawa malapetaka.

Tujuan humaniora juga dapat diperluas ruang lingkupnya, yaitu agar dapat membawa manusia mampu berkomunikasi dengan Sang Pencipta dan juga sesamanya. Humaniora juga mempunyai kontribusi diberbagai kehidupan riil, misalnya pendidikan. Kontribusi riil dari humaniora misalnya;

  • Penyatuan rasio dan rasa
  • Memperkenalkan nilai-nilai kemanusiaan yang universal dan abadi
  • Penyatuan teori dan praktek dalam segala bidang.

Karena luasnya kajian Humaniora, maka Fakultas Humaniora juga mempunyai ruang yang sangat luas untuk membuka jurusan-jurusan yang berkaitan dengan ilmu Humaniora, misalnya filsafat, sosiologi, antropologi, sosiologi, pendidikan, seni budaya dan sebagainya Namun, untuk sementara masih ada dua jurusan yang ada dalam naungan Fakultas ini, yaitu Jurusan Bahasa dan Sastra Arab, serta Jurusan Bahasa dan Sastra Inggris.

Hubungi Kami

FAKULTAS HUMANIORA
Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang
Jalan Gajayana 50 Malang 65144
Telp./ Faks. (0341) 570872
email: humaniora@uin-malang.ac.id