Agenda

  • Written by Admin Humaniora
  • Published in Berita
  • Hits: 238
  • Print ,

Diklat Pembelajaran Bahasa Arab berbasis IT untuk guru bahasa Arab Se-Provinsi Bali ini adalah hasil kerjasama MGMP Bahasa Arab Provinsi Bali dengan Fakultas Humaniora UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, dengan TIM Mudarrib dari Jurusan Bahasa dan Sastra Arab (BSA) UIN Malang. Diklat ini, dilaksanakan selama 4 hari, dari hari Kamis - Ahad (9-12 Agustus 2018), yang dimulai jam 8 pagi sampai jam 10 malam.

 
"Pelatihan Bahasa Arab berbasis IT ini akan dapat memberikan motivasi yang luar biasa kepada siswa,  karena tidak sedikit siswa yang enggan masuk sekolah Madrasah (Agama) karena ada materi bahasa Arab, dan bahasa Arab dianggap pelajaran paling sulit. Maka, harapan kami dengan adanya pelatihan ini, yang dipandu oleh para ahlinya TIM dari BSA Humaniora UIN Malang, guru-guru bahasa Arab dapat berinovasi di era digital, dan mereka selalu dapat mengembangkan kemampuan keterampilan berbahasa Arab,  sehingga siswa tidak lagi merasa kesulitan, bahkan senang dengan bahasa Arab". Kata Patahul Bari Ketua KKKMA Prov. Bali dalam sambutannya. 
 
Kasi Madrasah Kemenag Prov. Bali dalam sambutannya,
"Tujuan dari Pelatihan ini adalah untuk menyiapkan guru bahasa Arab memiliki strategis baru, terutama dalam teknologi informasi dalam pembelajaran bahasa Arab, dan dapat motivasi mereka dalam proses belajar mengajar sehingga mereka menjadi pengajar yang hebat (membisakan dan menyenangkan)," katanya.
 
Pelatihan selama 4 hari ini, akan memberikan metode pengajaran efektif bagi guru bahasa Arab sesuai dengan tren pengajaran bahasa Arab, terutama dalam pengembangan pengajaran bahasa Arab berbasis IT. Pelatihan Bahasa Arab ini, adalah yang ke 3 di Prov. Bali yang dilakukan oleh BSA UIN Malang. 
 
"Para guru yang mengikuti pelatihan Bahasa Arab bukan karena mereka lemah dalam teori lingustik dan qawaid, tetapi mereka hanya butuh pembaharuan dan penyegaran yang mungkin dulunya mereka banyak belajar dengan teori tradisional". Kata Ketua Jurusan BSA, Halimi Zuhdy. 
 
Materi Pelatihan terdiri dari Strategi Pengajaran Bahasa Arab, Pembelajaran berbasis IT, Pengembangan Media Pembelajaran, pembentukan lingkungan berbahasa. Para _Mudarrib_ (Pelatih) dari BSA Fak. Humaniora UIN Malang adalah; Hafidz Roziqi, Arif Rahman Hakim, M. Zawawi, Halimi Zuhdy, A. Makki Hasan, Khairul Anas.
 
Peserta yang mengikuti pelatihan ini dari berbagai   Kabupaten di Bali, sekitar  30 hingga 40 guru. 
 
Guru-guru sangat antusias sekali mengikuti materi-materi yang disampaikan oleh para Mudarrib, bahkan dari jam 8 pagi sampai jam 10  malam, mereka tidak merasa lelah karena berbagai startegi pembelajaran bahasa Arab terbaru cukup menyenangkan.
 
Pelatihan yang lagi berlangsung ini, disponsori oleh Baznas Prov. Bali, PHBI Denpasar, YM Nurul Iman, Madrasah Muhajirin, dan YM Baitul Mukminin BKBD.
 
 Pembantu Dekan 1, Dr. M. Faisol menyampaikan, bahwa kegiatan khidmah bahasa Arab itu harus selalu digerakkan di pelosok negeri, agar tidak ada anggapan, bahwa bahasa Arab materi yang dikesemapingkan di sekolah-sekolah, karena minimnya pelatihan bahasa Arab yang dilakukan diberbagai daerah baik oleh pemkot atau pemda. (ACK)